Rabu, 09 Agustus 2017

TINJAUAN UMUM MATA KULIAH KONSEP MATEMATIKA




TINJAUAN UMUM MATA KULIAH

A.    Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Konsep Matematika membahas mengenai pemecahan masalah matematika dalam kehidupan sehari-hari yang terkait bidang aritmatika, aljabar, geometri, pengukuran, trigonometri dan peluang dengan menggunakan penalaran matematika yang tepat. Kompetensi yang harus dikuasai setelah mengikuti mata kuliah ini adalah mampu memecahkan masalah matematika dalam kehidupan sehari-hari, yang terkait bidang aritmatika, aljabar, geometri, pengukuran, trigonometri dan peluang dengan menggunakan penalaran matematika yang tepat. Tentu saja sebelum Anda dapat memecahkan masalah matematika dalam kehidupan sehari-hari, Anda harus terlebih dulu menguasai dan mampu menggunakan konsep-konsep dasar matematika dalam bidang aritmatika, aljabar, geometri pengukuran, trigonometri dan peluang. Selain itu Anda juga harus dibekali pengetahuan mengenai penalaran matematika, penalaran induktif dan deduktif serta matematisasi horizontal dan vertikal yang akan sangat berguna pada saat menyelesaikan suatu model matematika dan melakukan validasi terhadap penyelesaian model matematika tersebut. Mata kuliah ini terdiri dari 9 bab sebagai berikut:
Bab 1 membahas mengenai konsep dasar aritmatika. Bab ini terdiri dari dua subbab yaitu operasi hitung bilangan dan sifat-sifat operasi hitung bilangan.
Bab 2 membahas mengenai konsep dasar aljabar. Bab ini terdiri dari dua subbab yaitu persamaan dan pertidaksamaan, barisan dan deret.
Bab 3 membahas mengenai konsep dasar geometri dan pengukuran. Bab ini terdiri dari tiga subbab yaitu bangun datar, bangun ruang, dan pengukuran pada bangun datar dan bangun ruang geometri.
Bab 4 membahas mengenai konsep dasar trigonometri. Bab ini terdiri dari dua subbab yaitu teorema pythagoras dan perbandingan trigonometri.
Bab 5 membahas mengenai konsep dasar peluang. Bab ini terdiri dari dua subbab yaitu permutasi dan kombinasi, peluang suatu kejadian.
Bab 6 membahas mengenai penalaran matematika. Bab ini terdiri dari dua subbab yaitu logika matematika dan kuantifikasi.
Bab 7 membahas mengenai penalaran induktif dan deduktif. Bab ini terdiri dari dua subbab yaitu penalaran induktif dan penalaran deduktif.
Bab 8 membahas mengenai matematisasi horisontal dan vertikal. Bab ini terdiri dari dua subbab.
Bab 9 membahas mengenai prosedur pemecahan masalah matematika. Bab ini terdiri dari dua subbab yaitu model matematika dan penyelesaian model matematika.

B.     Manfaat Mata Kuliah
Mahasiswa mampu memecahkan masalah matematika dalam kehidupan sehari-hari, menguasai dan mampu menggunakan konsep-konsep dasar matematika yang terkait bidang aritmatika, aljabar, geometri, pengukuran, trigonometri dan peluang dengan menggunakan penalaran matematika yang tepat, serta mampu menguasai penalaran matematika, penalaran induktif dan deduktif serta matematisasi horizontal dan vertikal yang akan sangat berguna pada saat menyelesaikan suatu model matematika dan melakukan validasi terhadap penyelesaian model matematika tersebut

C.    Capaian Pembelajaran

  1. Mahasiswa mampu memecahkan masalah matematika dalam kehidupan sehari-hari, yang terkait bidang aritmatika, aljabar, geometri, pengukuran, trigonometri dan peluang dengan menggunakan penalaran matematika yang tepat.
  2. Mahasiswa menguasai dan mampu menggunakan konsep-konsep dasar matematika dalam bidang aritmatika, aljabar, geometri pengukuran, trigonometri dan peluang.
  3. Mahasiswa mampu menguasai penalaran matematika, penalaran induktif dan deduktif serta matematisasi horizontal dan vertikal yang akan sangat berguna pada saat menyelesaikan suatu model matematika dan melakukan validasi terhadap penyelesaian model matematika tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI PERKULIAHAN KONSEP MATEMATIKA

Mata kuliah konsep matematika terdiri atas 10 bab, yaitu Bab 1 Pertidaksamaan Kuadrat Bab 2 Relasi dan Fungsi Bab 3 Penyajian ...