Rabu, 09 Desember 2009

ALGORITMA DAN FLOWCHART

Algoritma dan Flowchart

Pendahuluan

Beberapa langkah dalam proses pembuatan suatu program atau software :

1. Mendefinisikan masalah dan menganalisanya
Langkah awal yang harus dilakukan adalah mengidentifikasikan masalah antara lain tujuan dari pembuatan program, parameter-parameter yang digunakan, fasilitas apa saja yang akan disediakan oleh program. Kemudian menentukan metode atau algoritma apa yang akan diterapkan untuk menyelesaikan masalah tersebut dan terakhir menentukan bahasa program yang digunakan untuk pembuatan program.

2. Merealisasikan dengan langkah-langkah berikut :




Secara umum, struktur suatu program terdiri dari beberapa bagian yaitu :

1. Input
Bagian ini merupakan proses untuk memasukkan data ke komputer melalui device yang ada misalnya keyboard, mouse, scanner dll.
Program melakukan proses membaca data yang akan diolah dari device tersebut.

2. Output
Bagian ini merupakan proses untuk menampilkan data yang telah diolah, melaporkan hasil pegolahan data melalui device seperti monitor, printer dll. Program melakukan proses mencetak data ke device tersebut.

3. Proses Pengolahan Data
Bagian ini merupakan proses mengolah data yang diinputkan dengan nenerapkan metode-metode, teknik-teknik, algoritma-algoritma yang ada. Proses ini menghasilkan data output yang akan dioutputkan kepada pengguna program.

4. Penyimpanan Data
Bagian ini merupakan proses menyimpan data dalam memori atau device penyimpanan data seperti disket, harddisk, CD dll.

Berikut ini adalah blok diagram struktur dari suatu program secara umum.




ALGORITMA

Definisi:
Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis.
System flowchart adalah urutan proses dalam system dengan menunjukkan alat media input, output serta jenis media penyimpanan dalam proses pengolahan data.
Program flowchart adalah suatu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dan hubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya dalam suatu program
Pada umumnya algoritma kurang lebih sama dengan suatu prosedur yang sering dilakukan setiap hari, misalnya prosedur untuk mengganti ban bocor/pecah, prosedur pemakaian telepon umum, prosedur membuat kue dan lain-lain.
Langkah-langkah tersebut harus logis, ini berarti nilai kebenarannya harus dapat ditentukan, benar atau salah, karena langkah-langkah yang tidak benar dapat memberikan hasil yang salah.
Contoh Algoritma 1
Mengirim surat kepada teman:
1. Tulis surat pada secarik kertas surat.
2. Ambil sampul surat.
3. Masukkan surat kedalam sampul.
4. Tutup sampul surat menggunakan perekat.
5. Jika kita ingat alamat teman tersebut, maka tulis alamat pada sampul surat.
6. Jika tidak ingat, lihat buku alamat, kemudian tulis alamat pada sampul surat.
7. Tempel perangko pada surat.
8. Bawa surat ke kantor pos untuk di poskan.
Ciri-ciri algoritma
1. Algoritma harus berhenti setelah mengerjakan sejumlah langkah-langkah terbatas.
2. Setiap langkah harus didefinisikan dengan jelas dan tidak berarti dua (ambiguous).
3. Memiliki nol atau lebih masukan (input)
4. Memiliki nol atau lebih keluaran (output)
5. Setiap langkah dapat dikerjakan dalam waktu yang masuk akal.
Program adalah realisasi algoritma dalam bahasa pemrograman, program ditulis dalam salah satu bahasa pemrograman. Algoritma memegang peranan penting dalam bidang pemrograman. Sebegitu pentingnya suatu algoritma, sehingga perlu dipahami konsep dasar algoritma. Apalagi untuk seorang programer, tentu diperlukan suatu algoritma sehingga dapat membuat program yang lebih efektif dan efisien. Bagi kebanyakan orang, algoritma sangatmembantu dalam memahami konsep logika pemrograman.
Dalam bidang komputer, misalnya EDP (Elektronik Data Processing) atau MIS (Management Information System), algoritma sering dimanfaatkan untuk menyelesaikan suatu masalah atau untuk proses pengambilan keputusan. Seorang sistem analisis (analisist system) tentunya menggunakan algoritma untuk merancang suatu sistem. Bagi seorang programer, algoritma digunakan untuk membuat modul-modul program. Guna memahami suatu algoritma, harus dimiliki pengetahuan dasar matematika karena pada dasarnya algoritma lahir dari konsep logika matematika. Disini yang perlu dilatih adalah kemampuan logikanya agar benar-benar bisa menyusun langkah-langkah penyelesaian masalah dengan baik.

Pedoman-pedoman dalam membuat flowchart
Jika seorang analis dan programmer akan membuat flowchart, ada beberapa petunjuk yang harus diperhatikan, seperti :
1. Flowchart digambarkan dari halaman atas ke bawah dan dari kiri ke kanan.
2. Aktivitas yang digambarkan harus didefinisikan secara hati-hati dan definisi ini harus dapat dimengerti oleh pembacanya.
3. Kapan aktivitas dimulai dan berakhir harus ditentukan secara jelas.
4. Setiap langkah dari aktivitas harus diuraikan dengan menggunakan deskripsi kata kerja, misalkan Melakukan penggandaan diri.
5. Setiap langkah dari aktivitas harus berada pada urutan yang benar.
6. Lingkup dan range dari aktifitas yang sedang digambarkan harus ditelusuri dengan hati-hati. Percabangan-percabangan yang memotong aktivitas yang sedang digambarkan tidak perlu digambarkan pada flowchart yang sama. Simbol konektor harus digunakan dan percabangannya diletakan pada halaman yang terpisah atau hilangkan seluruhnya bila percabangannya tidak berkaitan dengan sistem.
7. Gunakan simbol-simbol flowchart yang standar.

Sampai sekarang terdapat banyak sekali bahasa pemrograman, berdasarkan terapannya bahasa pemrograman digolongkan dua kelompok;
1. Bahasa pemrograman bertujuan khusus, yang termasuk kelompok ini adalah Cobol (untuk terapan bisniS dan administrasi), Fortran (terapan komputasi ilmiah), prolog (terapan kecerdasan buatan).
2. Bahasa pemrograman bertujuan umum, yang dapat digunakan dalam berbagai aplikasi, contoh pascal, basic, c, c++.

Tahapan pelaksanaan program oleh komputer

Tahap-tahap penyusunan algoritma seringkali dimulai dari langkah yang global lebih dahulu, baru kemudian diperhalus dengan langkah-langkah yang lebih rinci.

Contoh : Buat algoritma untuk menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau bilangan genap.
Algoritmanya :
1. Bagi bilangan dengan bilangan 2
2. Hitung sisa hasil bagi pada langkah 1.
3. Bila sisa hasil bagi sama dengan 0 maka bilangan itu adalah bilangan genap tetapi bila sisa hasil bagi sama dengan 1 maka bilangan itu adalah bilangan ganjil.


FLOWCHART
Flowchart adalah gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu program, yang menyatakan arah alur program tersebut.
Berikut adalah beberapa simbol yang digunakan dalam menggambar suatu flowchart :




Dari contoh algoritma di atas tentang menentukan apakah suatu bilangan adalah bilangan ganjil atau bilangan genap, flowchart dari program adalah sebagai berikut :




Untuk membuat flowchart banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan, dari aplikasi yang offline maupun online. semua diciptakan dan disediakan untuk mempermudah dalam pembuatan flowchart. Dengan menggunakan microsoft word misalkan, kita sudah dapat memakainya tetapi kadang keterbatasan tools sehingga kita mengalami kesulitan. Alplikasi lain misalnya visio, merupakan salah satu aplikasi offline yang dapat digunakan, Aplikasi secara online salah satunya adalah Lovelychart. Software secara online ini menyediakan kemudahan untuk membuat flowchart.

LOVELY CHART
Lovelycharts menyediakan kemudahan untuk membuat berbagai diagram proses seperti design & Modeling, Flowchart, UML, ERD, DFD, Mind Map dsb. online dan gratis tentu saja menjadi kelebihan untuk menggunakan fitur layanannya. aplikasi yang memungkinkan Anda untuk membuat diagram dan berbagai design konsep di browser Anda dengan fugsi drag dan drop ini dapat dijalankan hanya melalui browser. dilengkapi dengan fitur standard object diagram, alignment object, export, import, memperbesar object, konektor dan berbagai fitur lainnya cukup membantu untuk membuat berbagai design kompleks layaknya visio dan tools desktop diagram designer lainnya.
LovelyCharts dibuat oleh pengembang dan pengguna Ria arsitek Jerome Cordiez dari This Is Lovely!.selain itu Terdapat juga versi profesional LovelyCharts dengan biaya € 29 untuk satu tahun, yang memungkinkan pengguna untuk memelihara dan berkolaborasi didalam menyimpan dan memanage berbagai history diagram yang telah dibuat.
www.lovelycharts.com
Contoh membuat flowchart dengan menggunakan lovelycharts.com



Soal Latihan

1. Buat algoritma untuk menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan prima atau bukan, kemudian buat flowchart untuk program tersebut !
2. Buat algoritma untuk mencetak N buah bilangan prima yang pertama, kemudian buat flowchart untuk program tersebut !
3. Buat algoritma untuk menentukan jenis akar dari suatu persamaan kuadrat, kemudian buat flowchart untuk program tersebut !
4. Buat algoritma untuk menghitung jumlah N suku dari deret aritmatika berikut :
Sn = 3 + 7 + 11 + …… + (4n-1)
5. Buat algoritma untuk menghitung nilai faktorial dari suatu bilangan, kemudian buat flowchart untuk program tersebut !
6. Buat flowchart untuk mencetak pasangan nilai X dan Y dimana hubungan antara X dan Y memenuhi persamaan Y = X3 – 2X +1 dan nilai x berubah dari –10 sampai 10 !

1 komentar:

MATERI PERKULIAHAN KONSEP MATEMATIKA

Mata kuliah konsep matematika terdiri atas 10 bab, yaitu Bab 1 Pertidaksamaan Kuadrat Bab 2 Relasi dan Fungsi Bab 3 Penyajian ...