BAHASA PEMROGRAMAN KOMPUTER
Komputer hanya mempunyai bahasa dasar yang berupaya bahasa mesin. Bahasa mesin adalah bahasa yang mengenal kode biner, yaitu kode yang berisi angka 1 dan 0 saja. Pada dasarnya ada dua golongan bahasa pemrograman komputer, yaitu:
Bahasa pemrograman beraras rendah (low level language).
Bahasa pemrograman beraras tinggi (high level language).
Langkah-Langkah dalam Pemrograman
Tahap pada penulisan program adalah sebagai berikut:
1.Menulis program.
2.Menjalankan program untuk menguji kebenaran program.
Jika ada kesalahan (logika maupun kaidah), program diperbaiki dan kembali ke langkah 2.
Tipe-Tipe Data
1.Integer/ Bilangan bulat
-Terdiri dari ragkaian angka/digit 0 sampai 9.
-Penulisan bilangan bulat negative diawali dengan symbol minus.
2.Real
-Terdiri dari rangkaian digit 0 sampai 9, dilengkapi dengan satu buah titik desimal -diantara rangkaian digit tersebut.
-Penulisan bilangan real negative diawali dengan symbol minus.
-Notasi penulisan: fixed point dan floating point.
3.String / Charakter
-Terdiri dari satu / beberapa rangkain karakter / symbol.
-Penulisan dengan diapit tanda petik tunggal.
-Simbol-simbol yang dapat digunakan diatur label kode ASCII/EBDIC.
4.Boolean / Logikal
-Hanya bernilai true atau false.
-Umumnya diperoleh dari operasi pembandingan dua nilai. Contohnya pernyataan benar salah pada logika.
Minggu, 13 Desember 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
MATERI PERKULIAHAN KONSEP MATEMATIKA
Mata kuliah konsep matematika terdiri atas 10 bab, yaitu Bab 1 Pertidaksamaan Kuadrat Bab 2 Relasi dan Fungsi Bab 3 Penyajian ...
-
Algoritma dan Flowchart Pendahuluan Beberapa langkah dalam proses pembuatan suatu program atau software : 1. Mendefinisikan masalah dan meng...
-
Mata kuliah konsep matematika terdiri atas 10 bab, yaitu Bab 1 Pertidaksamaan Kuadrat Bab 2 Relasi dan Fungsi Bab 3 Penyajian ...
-
1. LUAS DAN KELILING PERSEGI PANJANG program luas_dan_keliling_persegipanjang; uses wincrt; var p,l,Lp,K:integer; begin write('masu...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar